Rabu, 26 Oktober 2016

Cara Hebat Bertani Padi didalam Polibag Berbuah Lebat


wwwistanaalam.blogspot.com ,
    Padi ? siapa yang tidak kenal tanaman yang satu ini, padi adalah bahan pokok sebagai sumber pangan.  Sebenarnya untuk bertanam padi boleh dibilang gampang-gampang susah bagi pemula, karena banyak penyakit-penyakit tanaman padi.
      Tapi semua bisa diatasi asal kita tekun merawatnya. Oke didalam artikel ini penulis akan mensharing pengalaman padi di polibag. Kalau kita bicara cara berbudidaya pasti ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan :
*Pembibitan:

    Untuk pembibitan tanaman padi bisa dilakukan terlebih dahulu sebelum proses penanaman, caranya : siapkan tanah yang dicampur pupuk kandang, ( seperti gambar disamping) yang ditaruh didalam wadah, bisa ember/rak.
    Setelah itu siram tempat bedengan tersebut, kemudian benih  padi bisa sebar/taburkan,, atau dengan jarak tanam 1-2 cm, disirami pagi dan sore hari. Setelah bedengan padi berumur 36 hari sudah bisa ditanam atau dipindahkan ke media tanam yang telah terdsedia.
*Penanaman :
    Untuk penanaman padi untuk dipolibag berbeda dengan yang di sawah ( secara konvensional ), kalau dipoliba bisa ditanam  setiap musim ( penghujan,kemarau ) alasanya : karena dipolibag mudah dikontrol.
*Pemupukan :

    Pemupukan dilakukan pada awal pencampuran tanah dengan pupuk kandang( pupuk dasar ), untuk selanjutnya bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali.
Untuk pupuk yang biasa digunakan oleh penulis, menggunakan em4 dan pupuk pestisida organik, yaitu fermentasi biji mahoni,( insektisida ) fermentasi jahe( fungisida ) sedangkan ZPT memakai fermentasi bawang merah. untuk pemakainya bisa disemprotkan dan dikocorkan.

*Perawatan:

     Untuk perawatan tanaman padi dipolibag tidak jauh beda dengan perawatan yang ditanam secara konvensional. Perawatan disini yang penulis maksudkan adalah pengendalian hama penyakit dan meningkatkan produksi tanaman padi.
     Untuk pengendalian hama : bisa dilakukan penyemprotan setiap 1 minggu sekali untuk insektisida  (penyakit yang disebabka oleh serangga ). menggunakan fermentasi biji mahoni, fermentasi jahe (seperti cara diatas ), sedangkan untuk merangsang pertumbuhan bunga,daun, da buah bisa mengggunakan fermentasi bawang merah, Baca :Cara membuat pestisida atau pupuk organik, ini bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.
*Panen :
    Panen, ya masa panen adalah masa yang ditunggu-tungu para petani apapun,  Untuk memasuki masa panen tanaman padi sudah berumur 3 bulan,( atau tergantung jenis biji yang ditanam ). masa ini penulis pada umumnya saja.
Ciri-ciri tanaman padi yang sudah tua :
       Padi memasuki masa panen pada umumnya mempunyai ciri-ciri sbb: daun padi berubah warna menjadi kuning, buah/biji padi lebih lunak/padat berisi. 
Cara panen :
         untuk panen bisa dilakukan dengan cara dipotong bagian buah padi dengan menggunakan pisau atau sabit. setelah tanaman padi sudah dipanen semua, lalu ditempatkan ditempat yang teduh/dimasukan ke dalam karung, selanjutnya bisa dikeringkan atau dijemur dibawah sinar matahari , setelah kering bisa digiling menjadi beras,,dan bisa diolah menjadi bahan  konsumsi.
    Baca juga :cara terbaru dan jitu meningkatkan produksi cabe rawit. Sekian artikel untuk menanam padi di polibag.Semoga bermanfaat, jika ada salah cara, kata dan bahasa, penulis mohon maaf, Terimakasih.

1 komentar:

  1. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus